Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar, Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji, Merambat di Sangkar, Tips Cara Mudah Mengatasi Lovebird Ngeruji Di Sangkar

Tips Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar - Jenis burung yang mempunyai suara khas ngekek ini, ternyata juga memiliki kebiasaan yang kurang bagus, yakni ngeruji. Tetapi kebiasaan tersebut itu, tidak semua burung lovebird akan terus mengalaminya. Namun hal demikian ini, kebanyakan pasti melanda pada burung-burung yang masih bakalan atau bahkan juga merujuk kepada burung yang sudah dewasa. Dan jika ngeruji sampai terjadi pada si pengicau paruh bengkok ini, secara otomatis ia pun akan lebih cenderung sering berada di dekat jeruji sangkar/kandang. Terkadang kerapkali menubrukkan tubuhnya dan tidak jarang pula bertengger ataupun berdiam diri pada jeruji.

Lovebird yang mengalami masalah kebiasaan ngeruji ini, tentu bukanlah sebuah masalah yang bisa diabaikan. Pasalnya jika dibiarkan saja maka hal tersebut lama-kelamaan pun akan menjadi sebuah kebiasaan baginya. Dan jika burung sudah biasa menubrukkan dirinya dan bertengger atau semacamnya yang dilakukan dekat pada jeruji sangkar/kandang, maka kebiasaan kurang bagus tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itulah sebelum burung jadi terbiasa ngeruji, ada baiknya jika metode atau juga cara mengatasi lovebird ngeruji segera diterapkan agar ia menjadi enggan untuk beraktivitas di dekat jeruji sangkarnya.

Survei yang telah team SUPER GACOR INDRAMAYU lakukan, faktor penyebab lovebird ngeruji itu, bisa terjadi lantaran faktor tertentu. Namun penyebab umum yang paling banyak diyakini oleh para penghobi burung kicauan sehubungan dengan terjadinya burung yang gemar ngeruji, yaitu karena ia sedang over birahi. Disamping itu juga, jika penyebabnya sudah diketahui dengan secara jelas, yakni karena burung sedang over birahi, maka tentunya penanganannya bisa dengan beberapa metode. Misalnya saja dengan cara mengawinkan, menghentikan pemberian EF / Ekstra Fooding, dan juga merubah pola atau posisi tangkringan. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengatasi lovebird ngeruji ini sebagai berikut:

Mengawinkan
Mengatasi lovebird yang suka ngeruji yakni dengan cara mengawinkan dengan lawan jenisnya, tujuannya supaya birahinya bisa tersalurkan, sehingga sangat memungkinkan jika nantinya akan mengurangi tingkat birahi yang terlalu over tersebut. Proses pengawinan lovebird bisa dilaksanakan saat usia burung menginjak sekitar 8 bulan-an, begitupun juga pasangannya. Pada usia tersebut itu, banyak diyakini bahwa burung lovebird telah mencapai puncak kedewasaan, sehingga cukup memungkinkan untuk dijodohkan dengan lawan jenisnya.

Ketika burung mencari pasangan yang sesuai, yang mana misalkan yang dicarikan pasangan lovebird betina, maka pemilihan pasangan yang tepat yakni dengan cara mempertemukan betina dengan lawan jenisnya, yang mana telah dilepas pada kandang koloni yang berisi beberapa jumlah burung pejantan. Setelah kandang yang berisikan pejantan tersebut telah disiapkan, kemudian burung betina bisa dilepas dan bisa dibiarkan untuk mencari pasangan yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Jika ia sudah mendapatkan pasangan yang sesuai, kemungkinan nantinya proses perkawinan pun akan berjalan lebih cepat.

Tetapi jika pasangan lovebird kurang cocok atau tidak serasi, maka hal yang dikhawatirkan yaitu kalau proses perkawinannya pun akan berlangsung lama. Terlepas dari itu semua, seusai masa perkawinan secara umum tingkat birahi si burung yang tadinya terlalu over yang mana akan menjadi sebab dari lovebird ngeruji, akan mengalami penurunan. Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas tadi, bahwa ngeruji kemungkinan besar bisa dipicu karena tingkat birahi si burung yang terlalu over namun tidak bisa tersalurkan pada lawan jenisnya.

Menghentikan Pemberian EF (Ekstra Fooding)
Karena EF (Ekstra Fooding) ataupun pakan tambahan yang diberikan kepada burung loverbird seperti kuaci dan kangkung, mengandung kadar protein yang cukup tinggi, maka sangat memungkinkan jika bisa mendongkrak peningkatan terhadap tingkat birahi si burung. Dan jika terus diberikan dengan jumlah yang sangat berlebihan, tak menutup kemungkinan bahwa nantinya bisa membuat si burung lovebird jadi over birahi. Sebagaimana yang sudah dijelaskan seperti diatas tadi, bahwa over birahi tersebut juga bisa memicu kebiasaan burung untuk jadi ngeruji. (Baca : Cara Perawatan Lovebird Biar Ngekek Panjang)

Oleh karena itulah, agar terhindar dari hal semacam itu, maka ada baiknya jika selalu memperhatikan pola pemberian pakan lovebird anda, khususnya pakan EF. Tetapi jika burung sudah terlanjur mengalami over birahi, pakan yang bisa anda berikan adalah makanan utamanya tidak terlalu mengandung protein tinggi, yakni milet putih dan juga canary seed. Pemberian pakan EF bisa dilakukan kembali seusai si burung terlepas dari kebiasaan ngeruji dan terlihat nyaman bertengger pada tangkringannya yang disediakan seperti sedia kala.

Merubah Pola atau Posisi Tangkringan
Selain dengan cara mengawinkan serta menghentikan pemberian pakan EF, mengatasi lovebird ngeruji lainnya juga bisa dengan cara merubah pola atau posisi pada tangkringannya. Misalnya jika didalam sangkar si burung hanya terdapat satu buah tangkringan saja, maka kemungkinan besar si pengicau pun akan sering mendekati dan jugabertengger pada jeruji sangkar. Jika hal itu sampai terjadi penanganannya ialah dengan cara menambah jumlah tangkringan pada sangkarnya, yang mana asalkan lebih dari satu tangkringan.

Menambahkan jumlah tangringan lebih dari satu, bertujuan supaya letak dari tangkringan itu bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan untuk mencegah burung lovebird yang ngeruji. Sedangkan untuk pemasangannya sendiri, yakni ditempatkan secara berdampingan dekat jeruji dengan posisi yang berhadapan ataupun lebih tepatnya menyilang. Untuk jumlahnya, karena diatur menyilang maka harus lebih dari satu, bisa dua, tiga, atau juga bahkan empat sekaligus. (Baca : Pola Makanan Lovebird biar Rajin Ngekek)

Jika tangkringan sudah diatur sedemikian rupa, yang mana berada di dekat jeruji, niscaya burung yang tadinya suka bertengger pada jeruji, sesekali akan mencoba bertengger diatas tangkringan. Dengan begitu, lama-kelamaan si burung pun akan terbiasa bertengger pada tangkringan. Baik itu secara disengaja maupun tidak, namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya burung akan merasa lebih nyaman saat berada diatas tangkringan dibandingkan dengan bertengger pada jeruji.

Demikian informasi tentang Tips Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar ini. Mudah-mudahan anda sebagai penghobi burung lovebird, bisa tahu tentang masalah lovebird ngeruji. Terima kasih banyak...
Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji di Sangkar Reviewed by Erik Priana on Mei 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD